c r a z y f a n g i r l

HOME ABOUT STUFF BIASES FOLLOW DASHBOARD

Intan Fatimatuzzahra. 13yo. Fangirl



Archive



© Skin by Ken Eriksen inspired by atiqah jaidin. Image from .
Ayo Ajari Anak Hidup Hemat! C:
Saturday, August 31, 2013 | 0 growlist(s)

Hidup hemat perlu diajarkan pada anak sejak dini. Tak peduli berapapun uang atau sekaya apapun Anda, namun mengajarkan anak untuk hidup hemat itu sangat diperlukan. Tujuannya adalah agar ketika dewasa nanti si anak bisa menjadi orang yang pandai mengelola uang dan bisa membanggakan Anda. Mungkin bagi Anda hal ini cukup sulit untuk dilakukan dengan alasan si anak sult sekali untuk diatur. Namun jangan merasa lelah atau putus asa dahulu, Anda harus membiasakan hidup hemat kepada anak. Jangan memanjakan anak demi kepentingan masa depannya nanti. Agar mengajarkan hidup hemat pada nak jadi lebih mudah, ada cara yang bisa Anda terapkan ketika mendidiknya. 
Bagaimana? Inilah cara cerdas mengajarkan anak hidup hemat: 

1. Belanja hemat saat bersama anak Ketika sedang berbelanja dan mengajak si anak, pilihlah barang-barang yang memang diperlukan saja. Jika ingin membeli barang yang tidak begitu penting, maka membelinya jangan saat sedang bersama anak.

2. Ajari anak menabung Anak menabung – Ist Mengajari anak menabung merupakan salah satu cara mengajarkan anak mengelola uang dan hidup hemat. Anda bisa membelikan anak sebuah celengan dan biasakan agar si anak menabungkan uangnya setiap hari, berapapun itu. 


3. Beritahu cara mendapatkan uang Anda sebagai orangtua juga perlu memberitahukan anak bagaimana cara mendapatkan uang yang halal. Sebaiknya, tunjukkan pekerjaan orang-orang yang dikatakan pekerjaan kasar dengan hasil yang tidak seberapa. Mendengar hal tersebut, tentunya bisa membuat hati si anak tersentuh hingga jadi mau hidup lebih hemat.

 4. Biasakan belanja dengan uang tunai Pada saat sedang bersama anak, biasakan membayar belanjaan dengan uang tunai saja. Jangan menggunakan kartu kredit karena bisa membuat anak jadi mengikuti jejak Anda nantinya. Dengan membayar menggunakan uang tunai, Anda jadi bisa dengan mudah mengajari anak hidup hemat. Karena uang yang tersisa bisa ditabungkan.

5. Membandingkan harga Sebelum membeli sesuatu, alangkah baiknya Anda membandingkan harganya dahulu. Dapatkan suatu barang dengan kualitas yang bagus dengan harga yang murah. Membandingkan harga sebelum membeli membuat anak jadi mencontoh hidup hemat Anda.

 Itulah cara cerdas mengajarkan anak hidup hemat. Jadilah orangtua yang bisa dicontoh baik oleh anak, termasuk dalam hal mengatur keuangan. Jika si anak sudah dibiasakan hidup hemat, maka memudahkan hidup dirinya kelak.

Credit


Thanks for reading! Semoga Bermanfaat! ^^

Labels: